Kamis, 20 Juni 2019

STATISTIK PENGUNJUNG :

High Level Meeting (HLM) TPID Kabupaten Gianyar Dalam Rangka Menjaga Stabilisasi Harga Selama Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Galungan dan Kuningan

" High Level Meeting (HLM) TPID Kabupaten Gianyar Dalam Rangka Menjaga Stabilisasi Harga Selama Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Galungan dan Kuningan "

Gianyar, 17 Mei 2019

TPID kabupaten Gianyar melaksanakan Rapat High Level Meeting (HLM) TPID dalam rangka menjaga Stabilisasi Harga selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Galungan dan Kuningan yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menjaga harga pangan tetap rendah dan stabil.

Rapat dibuka oleh Wakil Bupati Gianyar Bp. A. A. Gede mayun, didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ibu Gusti Ayu Dewi Hariani, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Bp. Sapto Widyatmiko,  dan Kepala BPS Kabupaten Gianyar Bp. Yudi Agusta.

Beberapa kebijakan dan inovasi yang sudah dan akan dilaksanakan diantaranya :

1. Program “Puspa Aman” (Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri dan Nyaman)

2. Untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian dilakukan program/kegiatan “Mina Padi” (tumpang sari antara ikan dengan padi).

3. Untuk mengurangi alih fungsi lahan maka sedang disusun “Perda LP2B” (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan).

4. Dalam rangka untuk mengetahui daerah-daerah yang rentan terhadap pangan/tahan terhadap pangan, maka tahun 2019 disusun Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA).

5. Untuk mengetahui situasi stok dan harga bahan pangan, kegiatan yang telah dilakukan :

a. Setiap hari dilakukan survey harga dan stok pangan di 7 Pasar Umum (7 Kecamatan).

b.  Monitoring cadangan beras dan gabah setiap bulan di Bulog, RMU, LDPM, Lumbung Pangan dan TTI.

6. Melaksanakan pasar murah pada saat terjadi kenaikan harga.

#policyexcellence

#coordination_and_teamwork